Just It

"If at first you don't succeed,

Cheat. 

Repeat until caught.

Then lie."

Kamis, November 04, 2010

Cooking Cooking Cooking

Art by : Yusuke Nakamura 


Ada sesuatu yang salah antara dapur dan gue.
Dimulai dari ketakutan masa kecil terhadap minyak panas yang suka muncrat-muncrat, hingga kemalasan tingkat tinggi untuk mencuci peralatan makan (selalu berupaya makan pake sumpit atau sendok plastik sekali pakai langsung buang).

Dalam suatu kesempatan di masa lalu, gue mengundang seorang teman untuk main ke rumah.
Alasan sebenarnya, tentu saja minta dia buat gorengin ayam berbumbu supaya gue bisa makan sore (seperti biasa gue sendirian di rumah jadi tidak ada yang masak).
Ya, gue SEGITU takutnya sama semburan minyak panas.
Terkena minyak panas adalah pengalaman yang gue harap TIDAK AKAN PERNAH gue rasakan lagi sejak kecil.

Kembalinya gue ke dapur untuk pertama kali ditandai dengan upaya membuat puding karamel untuk seorang teman di semester yang lalu.
Puding karamel dibuat tanpa semburan minyak panas dan sepertinya cukup mudah.
Hasilnya gagal total.
Karena resep yang gue pakai ternyata salah dan meski tidak ada semburan minyak, ada lelehan gula panas SUPER lengket yang lebih menyeramkan waktu kena tangan.
Benar-benar ada yang salah antara dapur dan gue.

Sekarang gue ingin kembali menguji coba hubungan antara kami untuk kedua kalinya.
Gue bertekad akan mencoba memasak masakan beneran (bukan mie instan atau masakan lain yang memakai oven).
Kalau kali ini masih gagal juga...
Well, masih ada kali ketiga.

6 komentar:

  1. kali ini bukan admin11/04/2010 1:29 PM

    coba masak maccaroni and cheese nya kraft. tingkat kesulitan: mudah. gw berhasil di percobaan ketiga, sebuah prestasi yg membanggakan, hahaha!

    BalasHapus
  2. coba bikin pasta dech hahha
    kalo uda berhasil gw ikutan nyoba hasilnya ya dech ;D

    BalasHapus
  3. coba bikin babi kecap deh..
    gampang lho, dan ga pake ciprat2an minyak (cuma cipratan haram)

    BalasHapus
  4. Masak itu seru banget tau...
    >.< gw ngerasa masak itu kaya' eksperimen dimana lo bisa masukin apa aja di dalamnya. Terus dengan sedikit pengetahuan dan bantuan (alias pngalaman n resep) lo akan tau mana yg hasilnya enak mana yg nggak. Seumur2 gw masak (gw prtama masak antara TK atau malah sebelumnya, umur 3-4thn) kecipratan minyak panas bisa dihitung. Kunci suksesnya, gw bawa tutup panci buat tameng tiap goreng sesuatu *tips dari oma gw. hahaha

    BalasHapus
  5. @FIDELLA ANANDHITA
    Asal lo tau del, itu resep yg dari dulu pngen gue coba tp malasnya tingkat tinggi untuk mencoba,,hahahahah

    @Yunce
    Sori yun, untuk pasta udah ada yg ahli di rmh gue (kakak cowok gue). Setelah gue pikir2 kakak2 gue itu bs masak ternyata...hm...

    @Dach
    Pdhl gelatin yg kmrn lo kasi k gue itu bahannya dari babi kan? Untung gue ga tau, fu fu

    @Syl
    Kl kt nyokap gue, alasan knp masakan gue sk gagal adhl akibat gue ga pernah bener2 ngikutin resep... alias sesuai takaran sendiri (pdhl blm jago tp udh sk sok2 jago)
    Tp ga ada yg ngalahin muncratan minyak pas ngegoreng ayam...pake kain basah aja buat tameng gue tetep sk triak2 sendiri,,hahah

    BalasHapus
  6. aaahhh...gw rasa sifat obul gw mnylamatkan gw dari kegagalan memasak deh. klo gw praktek masakan dr resep,gw akan bnr2 ikutin saklek. stlh itu cobaan yg brikutnya baru modifikasi :D

    BalasHapus